SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR HADIJA ISHAK / 151413067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK NUR HADIJA ISHAK. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pembelajaran IPS Kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Hj. Hakob Walangadi Dan Pembimbing II Basri Amin, S.Sos.,MA. Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 7 Tilongkabila. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 7 orang dengan presentase 35%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan karena siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 17 orang dengan presentase 85%. Hasil tersebut sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas III SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bonebolango. Kata kunci : hasil belajar, picture and picture. ABSTRACT NUR HADIJA ISHAK. 2017. Improving Stundents' Learning Achievement by Applying picture and picture Leraning Model in Social Scince at Grade III in SDN 7 Tiolongkabila, District of bonebolango. Skripsi, Department of Elementary School Teacher education, faculty of education, State university of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Hj. Hakop Walangadi and Co-supervisor is Basri Amin, S.Sos.,MA. This research ams at improving students' learning achievement by applying picture and picture learning model in social science at grade III in SDN 7 Tilongkabila. This is a classroom action research with 20 students at grade III in SDN 7 Tilongkabila. This is a classroom action research with 20 students at grade III as research subjects, and it is conducted in cycles that consist of 4 stages, planning, implementation, evaluation, reflection and analysis. Finding reveals that in cycle I, 7 students or 35% obtain score above minimum passing grade. The result has not yet achieves indicator performance, thus it should be contunied to the cycle II. In cycle II, number of students who obtain score above minimum passing grade increases to 17 students or 85 % However , the result has achieved the performance indicator, therefore, it can be concluded that students' learning achievement by applying picture and picture learning model in social scince subject at grade III in SDN 7 Tilongkabila can be improved. Keywords: learning achievement, picture and picture.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011