Penulis / NIM
RAHDIANTO HULUKATI / 151413072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Hulukati, Rahdianto. 2018. Implementasi Penggunaan Model Cooperative script Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 8 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Basri Amin, S.Sos, M.A.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu "Bagaimana implementasi penggunaan model pembelajaran Cooperative script dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV di SDN 8 Pulubala". Tujuan penelitian ini adalah Memperoleh gambaran Impelementasi Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative script pada mata pelajaran IPS di SDN 8 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari hasil wawancara guru dan siswa di kelas IV SDN 8 Pulubala kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Implementasi penggunaan model pembelajaran Cooperative type script digunakan pada Pembelajaran IPS dikelas IV dengan tujuam umtuk membantu guru dalam pembelajaran berdasarkan karakteristik perkembangan serta kebutuhan siswa. Penggunaan model pembelajaran Cooperative script berdampak bagi siswa pada proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari adanya respon yang baik pada proses dalam pengajaran baik dari guru maupun siswa. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk mampu memahami pemanfaatan model ini serta bagi siswa diharapakan untuk dapat ikut berpartispasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Agar kedepannya pengimplementasi model pembelajaran Cooperative Script dapat diimplementasikan dengan maskimal.
Kata Kunci : Implementasi Model, Cooperative Script
ABSTRACT
Hulukati, Rahdianto. 2018. The Implementation of Cooperative Script Model in Social Science Subject at Grade IV Elementary School SDN 8 Pulubala, Gorontalo Regency.Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. Co-supervisor: Basri Amin, S.Sos., M.A.
The problem of this research is "How is the implementation of the Cooperative script learning model in Social Sciences subject at Grade IV, Elementary School SDN 8 Pulubala?" Therefore, this research is intended to explore the implementation of the Cooperative script learning model in Social Sciences subject in the site area. This qualitative descriptive research collected the data from observation, interview, and documentation.
The result indicates that the Cooperative script learning model is implemented in Social Sciences subject to assist the teacher in the learning process based on students' needs and development characteristics. The use of this learning model is impactful for students in the learning process that is evidenced by the good responses from them and the teacher as well. Accordingly, it is suggested for teachers to be able to understand the utilization of this learning model as well as for students to actively participate in the learning activities, so that the Cooperative Script model can be well-implemented.
Keywords: Model Implementation, Cooperative Script
Download berkas