Penulis / NIM
HARYATI LADIKU / 151413073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Haryati Ladiku. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas I SDN 7 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah apakah melalui media Big Book kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 7 Gentuma Raya meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas 1 SDN 7 Gentuma Raya. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal kemampuan membaca permulaan sebanyak 7 siswa atau sebesar 32%, dari 22 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 15 siswa atau sebesar 68%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 86% atau 19 siswa dari 22 siswa yang ada di kelas I SDN 7 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN 7 Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Media Big Book
ABSTRACT
Haryati Ladiku.2017. Increasing Early Reading Ability through Big Book Media on Grade I Students in SDN 7 Gentuma Raya, District of Gorontalo Utara. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd and Co-supervisor is Wiwy Triyanti Pulukading, S.Pd, M.Pd.
Problem statement of this research is whether or not early reading ability of grade I students in SDN 7 Gentuma Raya, District of Gorontalo Utara can be increased through Big Book Media on grade I Students in SDN 7 Gentuma Raya, District of Gorotalo Utara.
Finding reveals that in pre-observation, 7 Students out of 22 students or 32% have early reading ability. In crycle I, it increases to 15 students or 68%, and becomes 19 students or 86% in cycle II. It can be concluded that early reading ability of grade I students in SDN 7 Gentuma Raya, District of Gorontalo Utara can be increased through Big Book Media.
Keywords : Early Reading, Big Book Media
Download berkas