Penulis / NIM
SALMA LASENA / 151413076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Salma Lasena, 2017. Gambaran Gaya Hidup Guru Di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI. Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan gaya hidup guru di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo Kota Gorontalo. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara dengan guru, siswa, dan perwakilan orang tua siswa.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan secara umum pertanyaan yang diajukan mengacu pada 5 dimensi gaya hidup yaitu morfologi, hubungan sosial, domain, makna, dan style. Dari hasil wawancara diperoleh bahwa sebagian besar berpendapat bahwa seorang guru perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dalam artian mengubah gaya hidup sebab ini dapat mempengaruhi karakter siswa baik dari motivasi, semangat belajar, tanggungjawab, disiplin dan lain sebagainya. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa gaya hidup guru di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo saat ini sudah mengikuti perkembangan zaman dapat dilihat melalui pemanfaatan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat banyak siswa tertarik dan senang mengikuti pembelajaran.
Kata Kunci : Gaya Hidup Guru
Download berkas