Penulis / NIM
INDRA SULEMAN / 151413077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Suleman, Indra. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris Panai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Jumlah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. (2)Guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode yang sangat sederhana. (3) Fasilitas media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik. Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa. Diperoleh informasi bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan setelah dibelajarkan melalui pendekatan konstruktivisme. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Pendekatan Konstruktivisme
Download berkas