Penulis / NIM
YOWAN M. WALANGADI / 151413084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Yowan.M.Walangadi 2020. Deskripsi Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Card Sort Pada Siswa Kelas V SDN 2 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud., S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Dr. Wiwi Triyanti Pulukadang M.Pd.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tilango yang terdiri dari 9 siswa 7 perempuan 2 laki-laki. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yaitu (1) perencanaan, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah: 1) tes menulis puisi, 2) observasi, dan 3) catatan lapangan.
Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi proses pembelajaran dan catatan lapangan mengenai pelaksaan pembelajaran, sedangkan untuk menganalisis hasil tes keterampilan menulis puisi digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil observasi proses pembelajaran dan catatan lapangan mengenai pelaksaan pembelajaran, sedangkan untuk menganalisis hasil tes keterampilan menulis puisi digunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Peningkatan kualitas proses pembelajaran pada pertemuan I ditunjukkan dengan sebagian besar siswa yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran teknik Card Sort keseluruhan siswa sudah aktif dan partisipatif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
keterampilan menulis puisi siswa telah meningkat setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Card Sort.
Kata kunci : Deskripsi keterampilan menulis puisi metode card sort
Download berkas