SKRIPSI

Penulis / NIM
CICI NAFRA TULOLI / 151413086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Cici Nafra Tuloli, 2017. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 05 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango" Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri 05 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray. Metode penelitan yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil Penelitian Siklus I dan Siklus II prosesnya menunjukan bahwa pada siklus I jumlah yang telah memenuhi KKM sebanyak 19 orang atau 63,33% dari 30 orang siswa. Namun setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 83,33% atau 25 orang siswa. Maka peningkatan Siklus I ke Siklus II mencapai 20%. [Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 05 Tilongkabila Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran PKn. Sehingga hipotesis tindakan telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray ABSTRACT Cici Nafra Tuloli. 2017. "Improving Students' Learning Achieement by Applying Two Stay Two Stray in Civics Education Subject at Grade V in SDN 05 Tilongkabila, Sub-district of Tilongkabila, District of BoneBolango. " Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Elmia Umar, M.Pd and Co-supervisor is Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A. This researsch aims at investigating students' learning achievement at grade V in SD Negeri 05 Tilongkabila, Sub-district of Tilongkabila, District of Bone Bolango in Civics Education Subject by applying Two Stay Two Stray learning model. It applies classroom action research. Subjects of research are 30 students. Variables of research consist of input, process, and output. Stages are planning implementation,observation and reflection. Finding reveals that in cycle I, students who have achieved the minimum passing grade are 19 or 63.33% out of 30 students. Homever, after reflection and improvement of learning in cycle II, students who have achieved the minimum passing grade increase to 25 student or 83.33%. Thus, the imrpovement from cycle I to cycle II is 20%. Based on finding. I can be concluded ha by applying Two Stay Two Stray learning model, students' learning achieemen a grade V in SD Negeri 05 Tilongkabila, Sub-dsrict of Tilongkabila, Disrict of Bone Bolango in Civics Education Subject can be improed. Keywords: Learning Achievement, Two Stay Two Stray Learning Model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011