SKRIPSI

Penulis / NIM
DELVIYA FEBRIYANI TAIDI / 151413087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Delviya Febriyani Taidi. 2017. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Knowledge Sharing Kelas V SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan mengunakan staregi pembelajaran Aktif Knowledge Sharing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo"?". Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui staregi pembelajaran Aktif Knowledge Sharinge di kelas V SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn masih dalam kategori rendah. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil presentase motivasi belajar siswa pada observasi awal hanya mencapai rata-rata 38%. Hal ini menjadi dasar peneliti melakukan tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif knowledge sharing sebagai strategi dalam pembelajaran. Dari hasil lembar angket motivasi belajar siswa pada siklus I diperoleh presentase motivasi belajar hingga 53%. Hal ini dapat dimaknai bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar yang cukup signifikan, namun belum mencapai presentase minimal 75% sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II, presentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan hingga presentase rata-rata 88%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui strategi pembelajaran aktif knowledge sharing dapat meningkatan motivasi belajar siswa di kelas V SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Motivasi, Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran aktif Knowledge Sharing, PKn
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011