Penulis / NIM
NI WAYAN RINA SOVIANI / 151413088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Niwayan Rina Soviani 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Media Gambar Di Kelas III SDN 06 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Drs.H Haris Mahmud, S.Pd dan Pemimbing II Dra.Hj.Hakop Walangadi, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas III SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo. Penelitian tindakan kelas, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan dalam penerapan media pembelajaran dalam menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas III SDN 06 Wonosari Kabupaten Boalemo. Hal ini diperlihatkan melalui nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 11.33% dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 92.33%. Dengan demikian dapat dinyatakan berhasil karena hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan kualitas proses pembelajaran serta hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, media gambar, kecamatan wonosari
ABSTRACT
Increasing Student's Larning Achievement on Learning Social Seiences throuh Images Media at III Grade of SDN 06 Wonosari Sub-district, District of Boalemo, Skripsi, Study program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Educatiob, State University of Gorontal.Principle Supervisor is Drs.H. Haris Mahmud, S. Pd and Co-supervisor is Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si
This research aims to determine whether students learning outcomes in class III SDN 06 Wonosari Sub-district,District of Boalemo an be increased by using the images media or not, This research applies classroom action, with data collection methods in the form of observations, test. And documentation.
Research findings reveal that the application of image in learning is able to increase student's learning achieement on learning social sciences at grade III SDN 06 Wonosari Sub-district, District of Boalemo. It is revealed through the grade of students learning achievement on cycle I by 11.33% then become 92.33% on cycle II. Thus, it is sucessful becaused the student's learning achievement from cycle I to cycle II has increased the quality of learning process and student's learning achievement.
Keywords : Learning Achievement. Image Media, Wonosari Sub-District
Download berkas