Penulis / NIM
WINDRAWATI U. KADIR / 151413090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Windrawati U. Kadir, 2017. Meningkatkan Pemahaman Siswa Melalui Projected Motion Media dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam Husain S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II. Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Rendahnya Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. (2) Media pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa ketika mengajar sehingga mengakibatkan pemahaman siswa rendah. (3) Fasilitas/media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik. Tujuan penelitian ini meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPS melalui projected motion media di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai evaluasi siswa siklus I dan siklus II. Data presentase siswa siklus I yaitu tuntas 60% yang tidak tuntas 40%, sedangkan presentase hasil belajar siswa siklus II yaitu tuntas 86,66% yang tidak tuntas 13,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa projected motion media dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 6 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Pemahaman, IPS, Projected Motion Media
Download berkas