Penulis / NIM
RIKA ABD. RAHMAN / 151413093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Rika Abd Rahman, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim,M.Pd dan Pembimbing II Hj. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI.
Adapun masalah dalam penelitian ini dirumuskan yakni : Apakah penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo" sedangkan tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran Make A Match
Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I dan siklus II model pembelajran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Hal ini terlihat pada siklus I bahwa jumlah siswa yang telah memenuhi KKM mencapai 63%. Namun setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 96%. Hal ini dapat pula dimaknai bahwa siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 33%, sehingga hipotesis penelitian tindakan kelas ini terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Make A Match, Pendidikan Kewarganegaraan PKn.
Download berkas