Penulis / NIM
NURUL RAHMI / 151413095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Rahmi, Nurul. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si., Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Motode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh dari siswa yang dikenai tindakan pada siklus 1 dan siklus II, berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Siklus 1 terdapat 20 siswa yang tuntas (64.51%) dan tidak tuntas berjumlah 11 siswa (35.048%). Pada siklus II, 27 siswa yang tuntas (87.09%) dan tidak tuntas 4 siswa (12.90). berdasarkan kajian diri data siklus 1 dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Proses Pembentukan Tanah di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Tipe TSTS, Pembelajaran IPA
Download berkas