Penulis / NIM
YUSTIKA DEWI YUNUS / 151413096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Yustika Dewi Yunus, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKN Menggunakan Strategi Belajar Practice-Rehearsal Pairs di Kelas V SDN 7 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Nurhayati Tine, S.PdI, M.HI.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dikelas khususnya mata pelajaran PKn, serta dapat membentuk keberanian mengeluarkan pendapat bagi siswa didepan teman-temannya dan terwujudnya suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan strategi belajar practice rehearsal pairs.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang telah memenuhi KKM sebanyak 24 orang atau 73% dari 33 orang siswa. Namun setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 97% atau 32 orang. Dengan pengertian siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 24%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Tilongkabila dapat ditingkatkan melalui penggunaan strategi practice reherseal pairs. Sehingga Hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima
Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Practice Reherseal Pairs
Download berkas