Penulis / NIM
MESRAWATY A. UPINGO / 151413103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Mesrawaty A. Upingo 2020. Implementasi Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 15 Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian adalah bagaimana implementasi pelaksanaan penerapan model Think Pair Share pada pembelajaran IPA di SDN 15 Wonosari? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui implementasi model Think Pair Share pada pembelajaran IPA pada siswa kelas IV. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang jelas tentang implementasi pelaksanaan penerapan model Think Pair Share pada pembelajaran IPA di SDN 15 Wonosari Kabupaten Boalemo.
Berdasarkan hasil dan pemabahasan menunjukan dengan menggunakan model Think Pair Share dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV semester 1 di SDN 15 Wonosari Kabupaten Boalemo berjalan dengan baik. Guru mampu membawakan pembelajaran dengan optimal sehingga siswa merasa senang dan nyaman saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini terbukti dengan nilai siswa yang di atas KKM serta peningkatan keaktifan pembelajaran
Kata Kunci : Think Pair Share, Pembelajaran IPA
Download berkas