Penulis / NIM
RIRIN TADUENGO / 151413107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstrak
ABSTRAK
Taduengo, Ririn, 2017. Pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda di kelas IV SDN No. 77 kota tengah kota gorontalo. Skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas ilmuvpendidikan, Universitas Negri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.pd, M.Ed.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda Di kelas IV SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa terdiri dari 18 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa penggunakan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran perubahan wujud benda, yang dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 5,22 > 1,70 dengan derajat kebebasan (db) = 34, dan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa materi perubahan wujud benda Di kelas IV SDN No. 77 kota tengah kota gorontalo.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil, Belajar, Siswa
Download berkas