Penulis / NIM
SITI KALSUM TALIB / 151413110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Siti Kalsum. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok pada siswa kelas IV SDN 60 Kota Timur Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra Asni Ilham, S.Pd.,M.Pd Pembimbing II Ismail Pioke,M.Pd
Masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV 60 Kota Timur Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media benda konkret terhadap hasil belajar jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV 60 Kota Timur Kota Gorontalo. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Matematika Hasil ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata pretest dalam pembelajaran adalah 49,4 dan setelah dilakukan pembelajaran dengan nilai rata-rata posttest menjadi 80,2 Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis dengan uji-t posttest pada taraf a = didapat thitung 7,908 dengan ttabel adalah 2,063 atau (thitung 7,908 ttabel 2,063) Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Jaring-Jaring Kubus dan Balok pada siswa kelas IV 60 Kota Timur Kota Gorontalo.
Kata kunci: Media Konkret, Jaring-Jaring, Kubus, Balok
Download berkas