Penulis / NIM
SRIANTI HENGUA / 151413118
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Srianti Hengua, 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengemukakan Pendapat Melalui Teknik Debat di Kelas V SDN 13 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M. Hum dan Pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah apakah melalui teknik debat kemampuan siswa kelas V SDN 13 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dalam mengemukakan pendapat meningkat ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 13 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dalam mengemukakan pendapat melalui teknik debat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.
Pada observasi awal dari 21 siswa yang mampu mengemukakan pendapat hanya 7 siswa atau 33%, dan setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 34% yang mampu mengemukakan pendapat, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa atau 86% yang mampu mengemukakan pendapat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian sudah memenuhi indikator kinerja keberhasilan yang diharapkan. Melalui teknik debat kemampuan siswa mengemukakan pendapat di kelas V SDN 13 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.
Kata Kunci : Mengemukakan Pendapat, Teknik Debat
ABSTRACK
Srianti Hengua, 2017. Improving Student's Ability in Expressing Opinion through Debating Technique at V class of SDN 13 Kwandang District Of Gorontalo Utara. Skripsi. Department of Elementary School Teacher Education. Faculty of Education. State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dra. Dajani Suleman, M.Hum and Co-supervisor is Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
The research problem is whether or not the application of debating technique can improve student's learning ability to express opinion at V class of SDN 13 Kwandang, District of Gorontalo Utara. The research aims at improving student's ability in expressing opinion through the application of debating technique. The research applies classroom action research. Data collection applies observation, test, and documentation.
Initial observation obtained 7 (33%) students out of 21 students who were able to express opinions. Treatment in cycle I obtained 9 students or 34% who are able to express opinions while treatment in cycle II improved to 18 students or 86%. Thus, it can be concluded that the research has fulfilled the performance indicator successfully. The application of debating technique can increase student's ability of expressing ideas at V class of SDN 13 Kwandang, District of Gorontalo Utara.
Keywords : Expressing Opinion, Debating Technique
Download berkas