Penulis / NIM
DEVITRIANA ABDULLAH / 151413122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Devitriana Abdullah. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melaluli Model Debate Pada Mata Pelajaran IPA materi keseimbangan ekosistem di Kelas VI SDN 01 Randangan Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Debate pada Mata Pelajaran IPA materi keseimbangan ekosistem di Kelas VI SDN 01 Randangan Kabupaten Pohuwato.
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan Tindakan, Tahap Pemantauan dan Evaluasi, Tahap Analisi dan Refleksi. Data hasil pengamatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau 46,2%, yang belum tuntas berjumlah 14 orang siswa atau 53,84% dan pada siklus II siswa yang tuntas 20 orang atau 76,92% dan yang belum tuntas 6 orang siswa atau 23,07%. Hasil ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penggunaan model Debate terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan model Debate aktivitas siswa pada pembelajaran lebih terfokus kemateri dengan menggunakan model Debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 01 Randangan Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Debate
Download berkas