Penulis / NIM
DARWIN M. DADAI / 151413126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Darwin M. Dadai 2018. Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 13 Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Evi Hasim, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah penerapan media gambar seri dapat meningkat kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 13 Dulupi?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Penerapan Gambar Seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 13 Dulupi Kabupaten Boalemo. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase.
Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa hanya 2 orang (13%) dari 15 siswa yang memiliki kemampuan berbicara dengan baik. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 5 orang (33,3%), pada siklus II Presentase hasil capaian meningkat 13 orang (76,23%) siswa yang ada di Kelas IV SDN 13 Dulupi Kabupaten Boalemo yang memiliki kemampuan berbicara dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam berbicara dapat ditingkatkan dengan menggunakan gambar seri.
Kata Kunci: Berbicara, Gambar Seri
ABSTRACT
Darwin M. Dadai 2018. Implementation of Serial Drawing Media to Improve Speech Capabilities of Fourth Grade Students of SDN 13 Dulupi Kabupaten Boalemo. Teacher Education Elementary School Faculty of Education Sciences Gorontalo State University. Counselor I: Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd, Advisor II: Dra. Evi Hasim, M.Pd The formulation of the problem in this research is "Will the application of the drawing media series can increase the ability to speak fourth grade students SDN 13 Dulupi?". While the purpose of this study is the Implementation of Serial Drawings to improve the ability to speak fourth grade students SDN 13 Dulupi Boalemo District. This research is designed as a classroom action research. With observation data collection techniques, tests and documentation. Data analysis technique used is percentage analysis. Based on preliminary observations indicating that only 2 people (13%) of 15 students who have the ability to speak well. In cycle I increase to 5 people (33,3%), in cycle II Percentage of achievement increase 13 people (76,23%) of student in Grade IV SDN 13 Dulupi Kabupaten Boalemo who have ability to speak well. Based on the results of this study can be concluded that the ability of students in speaking can be improved by using a drawing series.
Keywords: Talking, Picture Series
Download berkas