Penulis / NIM
RIVALDI AKASIR / 151413127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Rivaldi Akasir. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Teknik Objek Secara Langsung Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan melalui teknik objek secara langsung kemampuan siswa kelas V SDN 13 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo dalam menulis puisi dapat meningkat?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik objek secara langsung pada kelas V SDN 13 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal hanya 4 siswa atau 33,33% dari 12 siswa yang mampu menulis puisi dengan baik. Pada siklus I jelas menunjukan bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan menulis mengalami peningkatan yaitu menjadi 8 siswa atau 66,66%, selanjutnya pada siklus II Persentase hasil capaian mengalami peningkatan menjadi 11 siswa atau 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui teknik objek secara langsung kemampuan siswa dalam menulis puisi pada kelas V SDN 13 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo meningkat.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Teknik Objek Secara Langsung
Download berkas