Penulis / NIM
BELA VISTA ZAKARIA / 151413131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Zakaria, Bela Vista. 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Model Scramble di Kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan model scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?". Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui model scramble di kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil Observasi awal menunjukkan bahwa dari 20 siswa terdapat 5 siswa (25%) mampu membaca permulaan. Setelah dilaksanakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 siswa (60%) mampu membaca permulaan, kemudian dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 18 siswa (90%) mampu membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Model Scramble
ABSTRACT
Zakaria, Bela Vista. 2018. Improving Early Reading Ability of Grade IV Students through the Implementation of Scramble, Elementary School SDN 4 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Ratnartri Pahrun, M.Pd. Co-supervisor: Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
The objective of this study is to improve grade IV students' early reading ability by implementing scramble model, at Elementary School SDN 4 Telaga, Gorontalo Regency; it is formulated from the problem statement of the study. This classroom action research employed observation, test, and documentation to collect the data.
The preliminary observation reveals that 5 out of 20 students (25%) have a good early reading ability. The number of the students who are able to perform such a skill is raised to 12 students (60%) after the treatment in cycle I. This number is further increased significantly to 18 students (90%) in cycle II. Finally, it can be inferred that implementing scramble model is able to enhance the early reading ability of grade IV students in the site area.
Keywords: Early Reading, Scramble model
Download berkas