SKRIPSI

Penulis / NIM
BELA VISTA ZAKARIA / 151413131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Zakaria, Bela Vista. 2018. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Model Scramble di Kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan model scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?". Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui model scramble di kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Observasi awal menunjukkan bahwa dari 20 siswa terdapat 5 siswa (25%) mampu membaca permulaan. Setelah dilaksanakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 siswa (60%) mampu membaca permulaan, kemudian dilanjutkan dengan siklus II meningkat menjadi 18 siswa (90%) mampu membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model scramble kemampuan siswa membaca permulaan di kelas II SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Membaca Permulaan, Model Scramble ABSTRACT Zakaria, Bela Vista. 2018. Improving Early Reading Ability of Grade IV Students through the Implementation of Scramble, Elementary School SDN 4 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dra. Ratnartri Pahrun, M.Pd. Co-supervisor: Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd. The objective of this study is to improve grade IV students' early reading ability by implementing scramble model, at Elementary School SDN 4 Telaga, Gorontalo Regency; it is formulated from the problem statement of the study. This classroom action research employed observation, test, and documentation to collect the data. The preliminary observation reveals that 5 out of 20 students (25%) have a good early reading ability. The number of the students who are able to perform such a skill is raised to 12 students (60%) after the treatment in cycle I. This number is further increased significantly to 18 students (90%) in cycle II. Finally, it can be inferred that implementing scramble model is able to enhance the early reading ability of grade IV students in the site area. Keywords: Early Reading, Scramble model
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011