Penulis / NIM
MERIYANTI MOODUTO / 151413133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
MERIYANTI MOODUTO. 2018. Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student TeamsAchievement Divisions STAD Di Kelas V SDN 1 Bakida Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan . Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Hj. Hakop Walangadi Pembimbing II Basri Amin, S.Sos,M.A.,Phd (ABD).
Permasalah dalam penelitian ini adalah Apakah Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Bakida Dalam Pelajaran IPS Dapat ditingkatkan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions STAD?. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions STAD Kelas V SDN 1 Bakida Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Berdasarkan Hasil penelitian adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Bakida. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kegiatan siklus I mencapai 73.42% atau berada pada kategori belum tuntas. Meningkat pada siklus II dengan hasil capaian 80% atau berada pada kategori tuntas. Sehingga data yang diperoleh mendukung hipotesis yang diajukan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN 1 Bakida oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan dapat diterima dan dibuktikan.
Kata kunci :Minat Belajar, Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions.
ABSTRACT
MERIYANTI MOODUTO. 2017. Improving 5 Grade Students'Learning Interest In Sosial Sciense Subject at SDN 1Bakida, Bolaang Mongondow Selatan District through the Applicationof Student Teams Achievement Divisions Model.Skripsi. Departement of Elementery School Teacher Education,Faculty of Education, State University of Gorontalo. Pricipal supervisor is Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.si and supervisor is Basri Amin, S.Sos., M.A. Phd (ABD).
Problemstatement of this research is whether or not the 5 grade students'learning interest in Social Science Subject at SDN 1 Bakida, Bolaang Mongondow Selatan District can be improved through the application of Student Teams Achievement Division Model. This research aims at Improving 5 GRADE student'Learning interest in Social Sciense Subject at SDN 1 Bakida, Bolaang Mongondow Selatan District through the application of Student Teams Achievement Divisions Model.
Based on findings, it can be concluded that the 5 grade students' learning interest in Social Science Subject at SDN 1 Bakida, Bolaang Mongondow Selatan District can be improved through the application of Student Teams Achievement Divisions Model. It can be investigated from the average score of cycle I which is only 61,90% in not complete category, but it improves to be 80% in cycle II in complete category. Therefore, research hypothesis is propped and accepted.
Keywords :Learning Interest, Student Teams Achievement Division Model
Download berkas