Penulis / NIM
SARTIKA PAUTINA / 151413134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Sartika Pautina. 151 413 134. Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV-V SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing 1 Bapak Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si dan pembimbing 2 bapak Basri Amin, S.Sos., MA.,Phd (ABD)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV-VSDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh karena jumlah populasi yang kecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif teknik pengumpulan dengan metode kuesioner kepada siswa sehingga data dalam penelitian merupakan data primer. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV-V di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. angka R Square adalah sebesar 0,463. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 46,3% variabilitas Hasil Belajar Siswa Mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV-V di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh Minat Belajar Siswa, sedangkan sisanya sebesar 41,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut dapat berupaa faktor eksternal dan faktor internal
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar
Download berkas