Penulis / NIM
SERLIN PULUHULAWA / 151413139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Serlin Puluhulawa, 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Drama Melalui Model Student Facilitator And Explaining di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Model Student Facilitator And Explaining Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Drama di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Drama Melalui Model Student Facilitator And Explaining di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data yakni tes, observasi dan dokumentasi
Observasi awal dari 33 orang siswa terdapat 7 orang siswa atau 21% yang mampu menulis drama, Setelah dilaksanakan siklus I menjadi 13 orang siswa atau sebesar 39%, kemudian dilanjutkan dengan siklus II pada menulis drama menjadi 29 orang siswa atau sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model student facilitator and explaining kemampuan siswa menulis drama di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Menulis Drama, Model Student Facilitator and Explaining
Download berkas