SKRIPSI

Penulis / NIM
NOFRIYANA DJAMIL / 151413140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Djamil, Nofriyana. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos., M.A., Ph.D (ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilakukan bertolak dari rumusan masalah "apakah penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VI SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS di kelas VI SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa dari 33 siswa, yang memperoleh nilai di atas KKM hanya 14 siswa atau 42,42%. Pada siklus I hasil penelitian mengalami peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM menjadi 20 siswa atau 60,61% dan pada siklus II meningkat menjadi 27 siswa atau 81,82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS di kelas VI SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Hasil Belajar, IPS, Team Assisted Individualization. ABSTRACT Djamil, Nofriyana. 2018. The Implementation of Team Assisted Individualization Learning Model to Improve Students' Learning Outcome on Social Sciences Subject; A Research Conducted at Grade VI, Elementary School SDN 1 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis, Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Basri Amin, S.Sos., M.A., Ph.D (ABD). Co-supervisor: Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. This research aims to improve grade VI students' learning outcome by implementing Team Assisted Individualization learning model on Social Sciences subject at elementary school SDN 1 Telaga, Gorontalo Regency; this is formulated based on the problem statement of this research. This classroom action research was conducted in two cycles consisting of plan, implementation, monitoring and evaluation, analysis and reflection stages on each cycle. The result of preliminary research show that only 14 out of 33 students (42,42%) score above the standard. There is a rise in cycle I by which a total of 20 students (60,61%) have a good learning outcome. This trend continues to the cycle II where 27 students (81,82%) can achieve an excellent score at the subject. In conclusion, the implementation of Team Assisted Individualization learning model is able to enchance the students' learning outcome on Social Sciences subject in the site area. Keyword: Learning Outcome, Sosial Sciences, Team Assisted Individualization
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011