Penulis / NIM
HASMIN LEAPANO / 151413144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Leapano Hasmin, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Kombinasi Metode Demonstrasi Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas VI SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru SekolahDasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Rustam I. Husain S.Ag,M.Pd. Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "apakah melalui kombinasi metode demonstrasi dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui kombinasi metode demonstrasi dengan media audio visual pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 3 Telaga kab. Gorontalo. Hipotesis tindakan yaitu jika dalam pembelajaran IPA guru menggunakan kombinasi metode demonstrasi dengan media audio visual maka hasil belajar siswa di kelas VI SDN 3 Telaga akan meningkat.
Berdasarkan pada observasi awal diperoleh data hasil belajar hanya 5 orang siswa yang tuntas atau 25 % dari 20 jumlah siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I, hasil belajar siswa menggunakan kombinasi metode demonstrasi dengan media audio visual meningkat menjadi 50 % atau sebanyak 10 orang siswa yang tuntas. Selanjunya pada siklus II memperoleh peningkatan hasil belajar siswa mencapai 85% atau 17 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi metode demonstrasi dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 3 Telaga Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Demonstrasi, Media Audio Visual.
Download berkas