Penulis / NIM
GUNAWAN / 151413149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Gunawan M. Ali. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Gambar Seri Di Kelas V SDN 05 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Rusmin Husain , S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan menggunakan media gambar seri, kemampuan siswa menulis cerpen di kelas V SDN 05 Tilamuta dapat meningkat?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen dengan menggunakan gambar seri di kelas V SDN 05 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa hanya 5 orang (20,0%) dari 25 siswa yang memiliki kemampuan menulis cerpen yang baik. Pada siklus I menunjukan presentase siswa yang memiliki kemampuan menulis cerpen mengalami peningkatan yaitu menjadi 8 orang (25,54%), pada siklus II Presentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 21 orang (73,97%) siswa yang ada di Kelas V SDN 05 Tilamuta Kabupaten Boalemo yang memiliki kemampuan menulis cerpen dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen dapat ditingkatkan dengan menggunakan gambar seri.
Kata Kunci: Cerpen, Gambar seri
Download berkas