Penulis / NIM
WINDI I. SAHRAIN / 151413154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Windi I. Sahrain. 2020. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Strategi Guided Note Taking Siswa Kelas IV SDN 5 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar. M,Pd dan Pembimning II Dra. Ratnarti Pahrun, M,Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah ..."Apakah melalui Strategi Guided Note Taking kemampuan menulis Karangan narasi di kelas IV SDN 5 Pulubala kabupaten Gorontalo dapat meningkat?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi melalui strategi guided note taking di kelas IV SDN 5 Pulubala kabupaten Gorontalo. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 5 Pulubala kabupaten Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Pulubala kabupaten Gorontalo pada observasi awal hanya berjumlah 5 orang atau sebesar 31, 25%, pada siklus 1 meningkat menjadi 10 orang atau 62,5% dan pada siklus II kemampuan meningkat lagi menjadi 15 orang atau kemampuan sebesar 93,75%.
Penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan narasi di kelas IV SDN 5 Pulubala Kabupaten Gorontlalo dapat ditingkatkan melalui strategi Guided Note Taking.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karangan Narasi, Guided Note Taking.
Download berkas