Penulis / NIM
HASAN ATUNA / 151413155
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Atuna Hasan. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Meyambanga Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si.Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.pd.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah. Apakah dengan mengunakan model kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 2 meyambanga? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 2 Meyambanga. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan one group prettest-posttest desingn. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang. Hasil perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 66,20 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,90. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan hasil uji t yang menyebutkan bahwa thitung > ttabel, yaitu 16,044 > 1,6843 padataraf 0,05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Kata kunci: Pembelajaran IPA, Model TGT, Hasil Belajar
Download berkas