Penulis / NIM
TANTRIPRATIWI DUNGGIO / 151413160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Tantri Pratiwi Dunggio, 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Menulis Karangan Deskriptif Kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan pendekatan saintifik dalam menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam menulis karangan deskriptif pada siswa kelas IV SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 8 Suwawa Kabupaten Bone Bolango tentang menulis karangan peneliti menarik kesimpulan bahwa Masih banyak siswa di SDN 8 Suwawa khususnya kelas IV yang belum mampu menulis sebuah karangan dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan karena masih ada siswa yang belum mengerti bagaimana membuat karangan dengan menggunakan aspek-aspek yang ditentukan. Dengan menggunakan pendekatan saintifik ini dapat mengembangkan siswa mampu menulis karangan. Karena siswa harus menemukan pengetahuan sendiri dalam menulis sebuah karangan sehingga siswa dapat mengolah kata menjadi kalimat sendiri. Pendekatan saintifik memiliki lima tahap dalam proses pembelajaran, meliputi tahap mengamati (observasi), menanya (questioning), menalar (associating), mencoba (experimentil), membuat jejaring (networking).
Kata Kunci : Menulis Karangan Deskriptif, Pendekatan Saintifik
Download berkas