Penulis / NIM
PRISILIA M. LASEMA / 151413161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Lasema, Prisilia M, 2018. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 21 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Sampel Jenuh, dimana semua populasi dijadikan sampel dengan jumlah 21 sampel .
Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan Uji t, sehingga dalam penelitian ini diperoleh harga t_hitung sebesar 9,73. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,95 (20) = 1,72. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain, atau harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0, sehingga dapat dikatakan H_0 ditolak dan menerima H_1. Kesimpulanya metode eksperimen berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Kata kunci : Metode Eksperimen, Motivasi Belajar.
ABSTRACT
Lasema, Prisilia M. 2018. The Effect of Experimental Method towards Learning Motivation on Natural Sciences Subject of Grade IV Students, Elementary School SDN 4 Telaga, Gorontalo Regency. Undergraduate Thesis. Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si. Co-supervisor: Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd.
This study is intended to explore the effect of experimental method on students' learning motivation in natural sciences subject; it was conducted at SDN 4 Telaga, Gorontalo Regency. This quantitative study involved 21 students at grade IV as the research population. Furthermore, it applied one group pretest-posttest design. Saturation sampling was employed by which all of the populations were selected as the sample.
The hypothesis in this study was examined by using t-test that the result of tcount is 9.73. In addition, the result of t-distribution at significance level obtains the value t0.95 (20) = 1.72. It is revealed that the value of tcount is different, meaning that it is not in the H0 area; in other words, the H0 is rejected and H1 is accepted. In conclusion, the experimental method gives an impact on the students' learning motivation.
Keywords: Experimental Method, Learning Motivation.
Download berkas