Penulis / NIM
WAHYUNI TULI / 151413163
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Wahyuni, Tuli. 2017. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Permainan Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos, M.A, Ph.D (ABD) dan Pembimbing II Hj. Nurhayati Tine, S.PdI. M.HI.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni: 1). Guru kurang tepat dalam penggunaan metode pembelajaran; 2). Kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn; dan 3). Guru dalam menyajikan pembelajaran lebih verbalistik. Tujuan Penelitian ini tidak lain untuk untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Berdasarkan hasil peneilitian dapat disimpulkan beberapa hal dalam penelitian ini antara lain peningkatan minat belajar siswa yang menjadi fokus penelitian. Terlihat pada observasi awal bahwa dari 23 orang siswa, hanya 9 orang siswa (39%) saja yang memiliki minat untuk belajar PKn, sedangkan sisanya sebanyak 14 orang siswa (61%) . Maka peneliti dengan dibantu oleh guru mitra mengupayakan mengadakan tindakan siklus I. Setelah diadakan siklus I maka terjadi peningkatan, dari 9 orang siswa (39%) meningkat menjadi 11 orang siswa (48%), sedangkan sisanya berjumlah 12 orang siswa (52%) yang tidak memiliki minat untuk belajar PKn. Akan tetapi hasil rekapitulasi siklus I belum mencampai indikator keberhasilan tindakan yaitu sebesar 75%. Maka dari itu peneliti berupaya melakukan perbaikan dan melanjutkan ke siklus II. Setelah siklus II diadakan maka terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari 23 orang siswa sudah terdapat 19 orang siswa (83%) yang telah memiliki minat belajar, dan sisanya hanya 4 orang siswa (17%) saja yang tidak memiliki minat belajar. Hasil rekapitulasi data siklus II telah mencapai indikator kinerja, oleh karenanya pelaksanaan tindakan kelas tidak dilanjutkan atau dinyatakan tuntas.
Kata-Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Permainan Teka-Teki Silang
(Crossword Puzzle)
Download berkas