Penulis / NIM
DWI RIZKY SETIAWAN / 151413165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Setiawan, Dwi Rizky, 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 2 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya "pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 2 Suwawa kabupaten Bone Bolango. Populasi penelitian ini adalah ini adalah siswa SDN 2 Suwawa dengan jumlah 139 orang. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purpsosive Sampling, dengan jumlah 21 sampel .
Hipotesis dalam penelitian ini di uji dengan menggunakan Uji t, sehingga dalam penelitian ini diperoleh harga t_hitung sebesar -5,72. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,95 (40) = 1,68. Ternyata harga t_hitung memperoleh harga lain, atau harga t_hitung telah berada di luar daerah penerimaan H_0, sehingga dapat di katakan H_0 ditolak dan menerima H_1.kesimpulanya lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa, akan tetapi pengaruh tersebut adalah pengaruh negative karena hasil penelitian ini diperoleh harga t_hitung sebesar -5,72. Sehingga Dimana lingkungan belajar yang ada di sekolah tersebut belum dapat menjadi salah satu alternative dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan prasarana dan sarana yang ada di sekolah belumlah memadai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah di SDN 2 Suwawa belum memadai dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA.
Kata kunci : Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Setiawan, Dwi Rizky. 2017 . The influence of school environment on students' Learning Outcome in Science Subject at Grade V SDN 2 Suwawa. Undergraduate thesis. Departement of primary School teacher education. Faculty of education. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisior: Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Co-Supervisior: Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
This research is intended to find out the influence of school environment on Students' Learning Outcome in Science Subject at Grade V SDN 2 Suwawa, Bone Bolango regency. This Ex-post Facto research involved 139 students from purposive sampling technique with 21 sample.
The hypothesis was tested by using t-test by which the result obtained was tcount equal to -5,72. However, from the list of t-distribution in significance level of 5%, t0,95 (40) = 1,68 is obtained. Truthfully, the value ot tcount is outside the acceptance of Ho, thus Ho is rejected and accepts H1. It is concluded that school environment has a negative influence towards studens' learning outcome because tcount is -5,72, and therefore the method is inappropriate to improve students' learning outcome. Hence, the existing learning environment is not an option for improving the students' learning outcome. This is resulted from the poor school's infrastructure and facilities that support the students improve their learning outcome, particularly in the science subject.
Keywords : School Environment, Learning Outcome
Download berkas