SKRIPSI

Penulis / NIM
IRAWATI / 151413166
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
Irawati. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Project Based Learning Di Kelas V SDN No.86 Kota Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) hasil belajar peserta didik tentang sifat-sifat cahaya pada pembelajaran IPA di kelas V SDN No.86 Kota tengah dapat meningkat? Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya pada pembelajaran IPA di kelas V SDN No.86 Kota Tengah dengan menggunakan model PjBL. Jenis penelitian digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 10 orang dengan presentase 55,56 %. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjut siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, peserta didik memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 18 orang dengan presentase 100%. Hasil pada siklus II ini bahwa dengan menggunakan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SDN No.86 Kota Tengah. Kata Kunci: Hasil Belajar, Sifat-Sifat Cahaya, Model PjBL
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011