SKRIPSI

Penulis / NIM
NI WAYAN PURNIASIH / 151413167
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK Purniasih Ni Wayan. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat di Kelas V SDN 21 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, Msi dan Pembimbing II Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah " apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching di SD". Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching di SD. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 21 Dungingi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana pada teknik ini seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian hasil belajar. Variabel x1 pretest dan variabel x2 posttest. Penelitian ini menggunakan istrumen tes berupa tes obyektif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat pada penggunaan model pembelajaran " reciprocal teaching", dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas perlakuan sebelum menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching yaitu 23,33 dan setelah menggunakan model pembelajaran "reciprocal teaching" yaitu 70,33. Hal ini pula ditunjukkan dari hasil uji t dependen diperoleh nilai thitung sebesar 17,899 dan data yang diperoleh berdasarkan distribusi ttabel sebesar 1,73. Jika dibandingkan harga thitung dengan ttabel, maka harga thitung lebih besar dari pada ttabel artinya terdapat perbedaan pada hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching (pretest) dan sesudah menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching (posttest). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa materi bilangan bulat sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dikelas V SDN 21 Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci: Model, Reciprocal Teaching dan Hasil Belajar. ABSTRACT Purniasih Ni Wayan. 2017. The effectiveness of the use of Reciprocal Teaching-Learning Model towards Students' Learning Outcome of Integral Material at Grade V SDN 21 Dungingi Gorontalo City. Undergraduate Thesis. Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Hj. Asni Ilham, M.Si. Co-Supervisor: Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd. The problem statement of this research is " is there any difference of primary school students' learning outcome of integral material by employing reciprocal teaching-learning model?". This research is intended to find out such an issue. Pre-experimental design was employed in this research with one group pretest-posttest design. All students in this school had become the population of this research in which the number of samples was same as the total population. Variable x1 is pre-test and variable x2 is post-test. The data were collected from multiple choice test. The result reveals that there is a difference of students' learning outcome of integral material by using reciprocal teaching-learning model, with the average percentage before applying the model is 23.33, and 70.33 after employing the model. This is also in line with the result of t-test in which tcount is 17.899 and the data from ttable distribution is 1.73. therefore, tcount> ttable meaning that there is a significant difference in students' learning outcome before and after applying reciprocal teaching-learning model at grade V SDN 21 Dungingi, Gorontalo City. Keywords: model, Reciprocal Teaching, and Learning Outcome
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011