Penulis / NIM
NI PUTU MARYANTI / 151413169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Ni Putu Maryanti. 2017. Pengaruh Penggunaan Media pembelajaran Visual "Pop-Up Book" Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 02 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd.,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran visual "Pop-Up Book" terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Dulupi kabupaten Boalemo. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran visual "Pop-Up Book" terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 02 Dulupi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 02 Dulupi. Diambil satu kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan instrument non tes berupa koesioner/angket. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh media pembelajaran "Pop-Up Book" terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai rata-rata hasil motivasi belajar siswa di kelas perlakuan sebelum menggunakan media "Pop-Up Book" yaitu 64,852 dan setelah menggunakan media "Pop-Up Book" yaitu 81,611. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung = 9,769 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel, dengan kata lain thitung berada diluar daerah penerimaan hipotesis H0 (H0 ditolak) yang berarti menerima hipotesis alternatif (H1 diterima). Hal ini berarti terdapat pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah menggunakan media Pop-Up Book.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Pop-Up Book, Motivasi belajar
Download berkas