Penulis / NIM
LUTHVIANY / 151413170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
LUTHVIANY. 2017. Deskripsi Penggunaan Teknik Non-Tes Dalam Evaluasi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus Se Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj, Salma Halidu S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Teknik non-tes apa saja yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar dan Bagaimanakah penggunaan teknik non-tes dalam evaluasi hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus se Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo". Tujuan penelitian ini "untuk mengetahui Teknik non-tes apa saja yang digunakan dalam evaluasi hasil belajar dan Bagaimanakah penggunaan teknik non-tes dalam evaluasi hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus se Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan penggunaan teknik non-tes dalam evaluasi hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Gugus Se Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Instrument penelitian ini menggunakan Angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh teknik non-tes telah digunakan oleh guru-guru di SDN di Gugus se Kecamatan Sipatana. Penggunaan teknik non-tes yang paling sering digunakan adalah teknik non-tes observasi dengan perolehan persentase 74,30% dan teknik non-tes yang tidak terlalu sering digunakan adalah teknik non-tes berupa angket dengan perolehan persentase 23,30%. Dalam pengolahan data hasil teknik non-tes memperoleh persentase rata-rata 63,24% yang berarti bahwa penggunaan teknik non-tes ini berada dalam kategori baik (sesuai penggunaannya).
Kata Kunci : Penggunaan Teknik Non-Tes, Evaluasi Hasil Belajar
Download berkas