SKRIPSI

Penulis / NIM
JUMRIATI B. LUAWO / 151413171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK Luawo, Jumriati.B. 2017. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 17 Bongomeme. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 17 Bongomeme. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian adalah One-Group Pretest-Postest. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA, yang dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 8,417>1.73 dan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian Ho ditolah Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dapt berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 17 Bongomeme. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar ABSTRACT Luawo, Jumriati. B. 2017. The Effects of Problem-based learning model on Students' Learning Outcomes in Science Subject in grade IV at SDN 17 Bongomeme. Undergraduate Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Co-supervisor: Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd. This research aims to determine the effects of problem-based learning model on students' learning outcomes in science subject in Grade IV at SDN 17 Bongomeme. The method used was Pre-Experimental Design with One-Group Pretest-Posttest research design. The subjects of this research were 20 students. The results and discussion show that the use of problem-based learning model affects the learning outcomes of the students in science subject, seen from the hypothesis test results obtain; t-count> t-table is 8.417> 1.73 and the significant level is 0.05. Therefore, Ho treated Ha is accepted. Accordingly, it can be concluded that the implementation of Problem Based Learning can affect student learning outcomes in science learning in Grade IV at SDN 17 Bongomeme. Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011