SKRIPSI

Penulis / NIM
ILHAM DANGKUA / 151413177
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Ilham Dangkua. 2017. Meningkatkan Pemahaman Konsep Mengurang Bilangan Cacah Melalui Media Kantong Nilai Tempat Pada Siswa Kelas III SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah Apakah penggunaan media kantong nilai tempat dapat meningkatkan pemahaman konsep mengurang bilangan cacah pada siswa kelas 3 SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mengurang bilangan cacah melali media kantong nilai tempat pada siswa kelas 3 SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I yang paham konsep mengurang bilangan cacah melalui media kantong nilai tempat sebanyak 16 siswa atau 55,1% dan yang belum paham sebanyak 13 siswa atau 44,8% hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II , pada siklus ke II yang paham konsep mengurangi bilangan cacah melalui media kantong nilai tempat sebanyak 24 siswa atau 82,7% dan yang belum paham sebanyak 5 siswa atau 17% kemudian siswa yang belum paham tersebut diberikan bimbingan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui media kantong nilai tempat pemahaman konsep mengurang bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Mengurang Bilangan Cacah, Media Kantong Nilai Tempat ABSTRACT Ilham Dangkua. 2017. Improving Concept Understanding of Reducing the Counting Numbers through Place Value Media on grade III SDN 2 Telaga Gorontalo Regency Students. Undergraduate Thesis. Department of Elementary Teacher Education, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisior: Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Co-supervisor: Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. The Problem statement in this study is "Is the use of place value media able to improve the understanding concept of reducing the counting number on grade III SDN 2 Telaga Gorontalo Regency students?" The purpose of this research is to improve the concept understanding of reducing the counting numbers through value place media on grade III SDN 2 Telaga Gorontalo Regency students. This research is classroom action research conducted in two cycles where each cycle is done through four phases: preparation phase. Data collection tecniques used in this classroom actions research were observation documentation, and tests. The results of the research show that in cycle I, as many as 16 students or 55.1% understood the concept of reducing the counting numbers through place value and there were 13 students or 44.8% who did not. It was not in accordnce with the established indicator that the objects obtain at least over 75% of the score thus the research was continued to the cycle II. In this cycle, as many as 24 students or 82.7% understood the concept of reducing the counting numbers through the place value media and there were 5 students or 17% who did not. Therefore, students who have not understood are given more guidance. Based ont the results and discussion of the research, it is concluded that through the place value media in concept understanding of reducing the counting number on students at grade III SDN 2 Telaga Gorontalo Regency imrove. Keywords: Concept Understanding, Reducing the Counting Numbers, Place Value Media
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011