Penulis / NIM
YULIANA USMAN / 151413178
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana, Usman. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Jurisprudential Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Jurisprudential Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jurisprudential Inquiry pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 7 Talaga Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan 2 siklus dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 22 orang, sedangkan objek dari penelitian yaitu hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 14 orang dengan presentase 63,63%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 18 orang dengan presentase 81,81%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Jurisprudential Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 7 Talaga Jaya.
Kata kunci: Hasil Belajar, Jurisprudential Inquiry.
ABSTRACT
Yuliana Usman, 2017. Implementation of Jurisprudential Inquiry Learning Model in Improving Social Science Learning Achievement in Class V Students of SDN 7 Talaga Jaya, District of Gorontalo. Skripsi, Departement of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal Supervisor is Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd.,M.Si and Co-supervisor is Muhammad Sarlin, S,Pd.,M.Pd.
Problem statement of this research is whether or not the implementation of jurisprudential inquiry learning model can improve Sosial Science learning achievement in class V students of SDN 7 Talaga Jaya, District of Gorontalo. This research aims to improve students' learning achievmeent through jurisprudential inquiry learning model in Sosial Science lesson in class V of SDN 7 Talaga Jaya. This is a classroom action research conducted in 2 cycles. Subjects of the research are 22 students from class V, while object the research is students' learning achievement. Based on research finding in cycle I, Students who achieve score above the Passing Grade is 14 students or 63,63% and this has not yet achieved the excepted performance indicator, thus it is continued to cycle II. In cycle II, students who achieve score above the passing grade increase to be 18 students or 81,81% and it has achieved the determined performance indicator. therefore, it can be concluded that jurisprudential inquiry can improve students' learning achievement in Social Science learning in class V of SDN 7 Talaga Jaya.
Keywoards: Learning Achievement, Jurisprudential Inquiry.
Download berkas