Penulis / NIM
NURLELA NAPU / 151413179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Nurlela Napu . 2017. Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Dongeng melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas I SDN 07 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini yakni "Apakah dengan menggunakan media audio visual mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak cerita dongeng di kelas 1 SDN 07 TIBAWA?". Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita dongeng melalui media audio visual pada Siswa Kelas I SDN 07 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Observasi awal dari 20 orang siswa terdapat 8 orang atau 40% yang mampu menyimak cerita dongeng setelah dilaksanakan siklus I menjadi 12 orang atau 60% yang mampu menyimak cerita dongeng kemudian dilanjutkan dengan siklus II menjadi 17 orang atau 85% yang mampu menyimak cerita dongeng. Disimpulkan bahwa melalui media audio visual kemampuan siswa dalam menyimak cerita dongeng di kelas 1 SDN 07 Tibawa Kabupaten Gorontalo meningkat
Kata kunci : Menyimak Cerita Dongeng, Media Audio Visual
ABSTRACT
Nurlela Napu. 2017. Increasing fairytales Listening Skill through audio Visual Media at Grade 1 of SDN 07 Tibawa Gorontalo District. Skripsi. Bachelor Study program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education. State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Co-supervisor is Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd.
Research problem is "whether or not the application of audio Visual media can increase student" skill to listen fairytales at grade I of SDN 07 Tibawa Gorontalo District. Aim of research is to increase fairytales listening skills through Audio Visual media at grade I of SDN 07 Tibawa Gorontalo District. It applies classroom action research.
First observation from 20 student, there were 8 students or 40% who are able to perform fairytales listening, after cycle I was conducted it improved 12 students or 60% who are to perfrom fairytales listening. And itr is continued to cycle II which obtain 17 students or 85% capable in fairytles listening. It can be concluded that the application of audio Visual media can increace students' fairytales listening skill at Grade I of SDN 07 Tibawa Gorontalo District.
Download berkas