Penulis / NIM
NELAINDRIYANI RAHMAN GOBEL / 151413185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Gobel, Nela Indriyani. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SDN 1 Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah "Apakah melalui pendekatan kontekstual kemampuan menulis pengumuman di kelas IV SDN 1 Atinggola dapat meningkat?". Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pengumuman melalui pendekatan Kontekstual siswa kelas IV SDN 1 Atinggola Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil observasi awal menunjukkan bahwa dari 13 siswa yang mampu menulis pengumuman hanya 5 siswa atau (38,46%). Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 7 siswa (54%). Pada siklus II meningkat menjadi 11 siswa atau (84,62%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual kemampuan menulis pengumuman di kelas IV SDN 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara Meningkat.
Kata Kunci : Menulis Pengumuman, Pendekatan Kontekstual
Download berkas