Penulis / NIM
SARINTAN INDRIANI YAKOB / 151413189
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Sarintan Indriyani Yakob. 2020. "Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS melalui perpaduan Gambar Sambil bermain di kelas IV SD Muhammadiyah Limehe Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud S.Pd, M.Si. Pembimbing II Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ..."Apakah dengan menggunakan perpaduan gambar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Limehe Barat Kabupaten Gorontalo, penelitian ini bertujuan, meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Limehe Barat Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, tes, dan dokumentasi.
Pada observasi awal hasil belajar siswa hanya 2 orang siswa yang mampu atau 20% dari 10 jumlah siswa keseluruhan, kemudian pada siklus I pada hasil belajar melalui media perpaduan gambar sambil bermain meningkat menjadi 3% atau 3 orang siswa. selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80% atau 8 orang siswa yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan perpaduan gambar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pada kelas IV SD Muhammadiyah Limehe Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Perpaduan Gambar
Download berkas