SKRIPSI

Penulis / NIM
MELYNDA SUSANTI S. LIHU / 151413190
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK Melynda Susanti S.Lihu 2019. Pengaruh Multimedia Digital Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas III SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Gorontalo, Pembimbing I Bapak Drs. Haris Mahmud M.Si dan Pembimbing II Bapak Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh multimedia digital terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 83 Kota Tengah kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian Kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini semua siswa kelas III yang terdiri dari 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari multimedia digital siswa terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas III SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Dengan nilai Koefisien determinasi Rƒ‚ sebesar 0,492. Nilai ini berarti bahwa sebesar 49,2% variabilitas hasil belajar siswa kelas III SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat dijelaskan oleh multimedia digital pada siswa kelas III SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. Sedangkan sisanya sebesar 51,8% di pengaruhi oleh variabel lain berupa variabel minat belajar, model pembelajaran, perhatian orang tua, motivasi belajar, serta lingkungan sekolah. Kata Kunci : Multimedia, Hasil belajar Melynda Susanti S.Lihu 2019. The Effect of Digital Multimedia on Social Studies Learning Outcomes Class III Students of SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo City. Undergraduate Thesis Teacher Education Study Program Elementary school (PGSD), Faculty of Education, Gorontalo State University, Supervisor I Mr Drs. Haris Mahmud M.Si and Supervisor II Mr. Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd The purpose of this study was to determine the effect of digital multimedia on social studies learning outcomes in class III SDN 83 Kota Tengah, Gorontalo city. The method used in This research is quantitative research. The sample in this study were all class III students who were consists of 27 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is simple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is a significant effect of digital multimedia students on social studies learning outcomes in grade III SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. With The coefficient of determination R is 0.492. This value means that the variability is 49.2% The learning outcomes of class III SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo can be explained by digital multimedia for third grade students of SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. While the rest 51.8% is influenced by other variables in the form of variables of interest in learning, learning models, parental attention, learning motivation, and the school environment. Keywords: Multimedia, learning outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011