Penulis / NIM
NURAIN M PUNO / 151413192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
NURAIN M. PUNO. 2017. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Mencari Pasangan (Make - A Match) Pada Siswa Kelas IV SDN 10 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. HJ. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran mencari pasangan (Make - A Match) dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan pada siswa kelas IV SDN 10 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan menggunakan model pembelajaran mencari pasangan (Make - A Match) pada siswa kelas IV SDN 10 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang paham dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan sebanyak 12 siswa atau 37,50%, dan belum paham sebanyak 20 siswa atau 40,63%. Hal ini belum tercapai dengan indikator yang ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II siswa yang paham dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan sebanyak 27 siswa atau 84,38%, dan belum paham sebanyak 5 siswa atau 15,62%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran mencari pasangan (Make - A Match) pemahaman siswa dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan pada siswa kelas IV SDN 10 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman, Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan, Model Mencari Pasangan (Make - A Match)
ABSTRACT
NURAIN M. PUNO. 2017. Increasing students' understanding in comparing and sorting fractions by using Make - A Match learning model on students' sclass IV Elementary School (SDN) 10 Limboto, Gorontalo regency. Skripsi. Department of Elementary School Teacher. Faculty of Education. State University of Gorontalo. Principle supervisor: Dr. HJ. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, and co-supervisor: Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
The research question is whether using Make - A Match learning model can increase students' understanding in comparing and sorting fractions on class IV Elementary School (SDN) 10 Limboto, Gorontalo regency. The aim of this research is to increase students' understanding in comparing and sorting fractions. The method used class action research.
The result of this research showed on cycle I: students that understand comparing and sorting fractions about 12 students or 37,50%, and not understand about 20 students or 62,50%. It was not meet the requirement of the indicator 75% in minimal or above 75 students, and it continued to the cycle II. On cycle II, students who understanding went to 27 students or 84,34%, and did not understanding about 5 students or 15,62%. This research concluded that using Make - A Match learning Model can increased students' understanding i comparing and sorting fractions.
keywords: understanding, comparing and sorting fractions, Make - A Match learning model
Download berkas