SKRIPSI

Penulis / NIM
NI WAYAN ANTARIYANI / 151413194
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Ni Wayan Antariyani. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Perkalian Bilangan Cacah Menggunakan Pendekata Open-Ended Di Kelas III SDN 02 Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Ismail Pioke, M.Pd. Rumusan masalah Apakah pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk perkalian bilangan cacah di kelas III SDN 02 Dulupi Kabupaten Boalemo? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk perkalian bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan Open-Ended di kelas III SDN 02 Dulupi Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siawa yang mampu menyelesaikan soal cerita bentuk perkalian bilangan cacah adalah sebesar 46% atau 11 siswa ini menunjukan bahwa indikator keberhasilan tindakan minimal 75% siswa yang dikenai tindakan mendapat nilai 75 keatas belum tercapai sehingga perlu dilakukan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II sudah meningkat sebesar 22 atau 92% siswa yang mampu menyelesaikan soal cerita bentuk perkalian bilangan cacah. Dari hasil penelitian siklus II indikator keberhasilan tindakan yaitu 75% siswa yang dikenai tindakan mencapai nilai 75 keatas sudah tercapai. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Open-Ended kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk perkalian bilangan cacah meningkat sesuai dengan indikator yang diharapkan. Kata Kunci: Soal Cerita, Perkalian Bilangan Cacah, Open-Ended ABSTRAC Ni Wayan Antariyani. 2017. Improving Students' Abilitiy in Solving Story Question in Multiplication of Whole Number Using Open-Ended Approach in Class III of SDN 02 Dulupi, District of Boalemo. Skripsi, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Grontalo. Principal Supervisor is Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd and Co- Supervisor is Ismail Pioke, M.Pd. Problem statement of this research is whether or not Open-Ended can improve studients' ability in solving story questions multiplication of whole number in class III of SDN 02 Dulupi, District of Boalemo. Meanwhile, this research aims to improve students' ability in solving story questions multiplication of whole number in class III of SDN 02 Dulupi, District of Boalemo. Research findings reveal that in cycle I, students who are able to solve story question multiplication of whole number are 46% or 11 students and this reveals that indicator of success of passing grade for 75% is not achieved, thus next cycle requires to be conducted. Then, in cycle II, it improves to be 92% or 22 students who are able to solve story question multiplication of whole number. Thus, the indicator of success is achieved. Therefore, it can be concluded that Open-Ended learning approach can improve students' ability in solving story question multiplication of whole number based on the expected indicator. Keywords : Story Question, Multiplication of Whole Number, Open-Ended
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011