Penulis / NIM
FERAWATI BLONGKOD / 151413203
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Blongkod, Ferawati 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas V SDN 35 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Basri Amin S.Sos., M.A., P.h.D (ABD) dan pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Selatan; 2) untuk mengetahui pengaruh lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Selatan; 3) untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian adalah semua siswa kelas V yang terdiri dari 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS versi 21.
Berdasarkan hasil penelitian ini 1) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Selatan Kota Gorontalo sebesar 75,8%; 2) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Selatan Kota Gorontalo sebesar 58,1%; dan 3) ada pengaruh signifikan antara lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Selatan Kota Gorontalo sebesar 57,4%, sedangkan sisanya 42,6 dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Hasil Belajar
Download berkas