SKRIPSI

Penulis / NIM
WANDA USUP / 151413205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Wanda Usup. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC Di Kelas III SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai S.Pd., M.Pd. Permasalahannya apakah melalui model CIRC, dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman di kelas III SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango?, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pemahaman melalui model CIRC di kelas III SDN 2 Kabila kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang mampu dalam membaca pemahaman sebanyak 14 siswa dengan persentase 56% dan yang kurang mampu dalam membaca pemahaman sebanyak 8 siswa dengan persentase 32% dan yang tidak mampu yakni 3 siswa dengan persentase 12%, hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 70 keatas sehingga dilanjutkan pada siklus II, untuk siklus II yang mampu membaca pemahaman sebanyak 21 siswa dengan persentase 84% dan yang kurang mampu 4 siswa dengan persentase 16% dan tidak ditemukan lagi siswa yang tidak mampu membaca pemahaman, kemudian siswa yang kurang mampu tersebut akan diberikan bimbingan khusus sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh siswa tersebut. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan melalui model CIRC kemampuan siswa membaca pemahaman di kelas III SDN 2 Kabila Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Model CIRC ABSTRACT Wanda Usup. 2017. Increasing Students' Reading Comprehension through CIRC Model at Grade III in SDN 2 Kabila, District of Bone Bolango. Skripsi, Department of Elementary School teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd and Co-supervisor is Dra. Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd. Problem statement of this research is wether or not grade III students' reading comprehension in SDN 2 Kabila, district of Bone Bolango can be increased by applying CIRC Model. It aims at increasing students' reading comprehension through CIRC Model at grade III in SDN 2 Kabila, district of Bone Bolango. It applies classroom action research. Finding reveals that in cycle I, 14 students or 56% are categorized as able, 8 students or 32% are categorized as less able, and 3 students or 12% are categorized as not able. The result has not yet met performance indicator which state that 75% of students as research objects obtains score of 75 and above, thus, it should be continued to cycle II. In cycle II, 21 students or 84% are categorized as able, 4 students or 16% are categorized as less able, and there is no students categorized as not able. Students who are still less able are given special treatment based on problem they encounter. Therefore, based on fiding and discussion, it can be concluded that grade III students' reading comprehension in SDN 2 Kabila, district of Bone Bolango can be increased by applying CIRC Model. Keywords : Reading Comprehension, CIRC Model.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011