Penulis / NIM
NURNANINGSI KOBISI / 151413207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Pembimbing 2 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Abstrak
ABSTRAK
Nurnaningsi Kobisi. 2017. Penerapan Program Literasi Di SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed dan Pembimbing II Basri Amin, S.Sos., M.A., Ph.D (ABD)
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan program literasi disekolah SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo? dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kegiatan literasi sekolah yang dilakukan di sekolah dasar, khususnya budaya literasi sekolah di SDN 38 Hulontalangi Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan budaya literasi di sekolah dilaksanakan setiap hari 15 menit sebelum pembelajaran di mulai. Kedua, pelaksanaan budaya literasi disekolah didukung dengan berbagai fasilitas yang tersedia di sekolah yaitu perpustakaan, taman baca dan sudut baca. Ketiga, budaya literasi di sekolah mempengaruhi keterampilan membaa siswa, meningkatkan minat baca siswa dan menambah pengetahuan siswa. Siswa mendapat banyak informasi dan pengetahuan dari membaca. Siswa memiliki kemampuan berbahasa dan berkomunikasi dengan baik, mampu memberikan tanggapan dan pendapat yang dilakukan melalui kegiatan berdiskusi. Keempat, dalam pelaksanaan budaya literasi disekolah ada beberapa kendala yang dialami yaitu : kurangnya buku-buku bacaan yang menjadi sumber bacaan untuk siswa dan kurangnya tenaga pustakawan yang professional sehingga perpustakaan tidak setiap saat terbuka. Kendala-kendala yang terjadi tersebut dapat diatasi dengan melaksanakan sosialisasi untuk memberikan informasi tentang kegiatan budaya literasi disekolah kepada orang tua siswa, sekolah mendapat tambahan buku-buku bacaan dari siswa, setiap siswa yang lulus dari sekolah akan memberikan buku-buku kepada sekolah, dan untuk mengtasi perpustakaan yang tidak setiap saat terbuka maka guru yang sedang tidak mengajar maka akan membuka perpustakaan.
Kata Kunci : Budaya Literasi
ABSTRACT
Nurnaningsi Kobisi. 2017. Implementation Of Literacy Program at SDN 38 of Hulontalangi Gorontalo City. Skripsi. Bachelor Study Program of Elementary School Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Principal supervisor is Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed. and Co-supervisor is Basri Amin, S.Sos., M.A., Ph. D (ABD).
Problem statement of this research is how the implementation of literacy program at SDN 38 of Hulontalangi Gorontalo City is.This research aims to investigate the implementation of literacy program at SDN 38 of Hulontalangi Gorontalo City.
Based on data analysis, the research findings are as followed; first, implementation of literacy culture at school is conducted every day particularly 15 minutes before the learning process is started. second, implementation of literacy culture at school is supported by several provided facilities namely library, reading park, and reading corner. Third literacy culture at school influences students' reading skill, improving students' reading interest and add students' knowledge. student obtain many information and knowledges from reading. students have good speaking and communicating ability, they are able to give response and opinion performed through discussion activity. Fourth, several abstacles are encountered in the implementation of lteracy culture at school namely : lack of reading books are reading sources and be solved by doing socialization to give information about literacy culture activity at school to parents, school obtains additional reading books from studenst, every have teaching schedule will open the library to overcome temporary hours of library.
keywords : Literacy Culture
Download berkas