Penulis / NIM
RIA ANGGELINA TONGKASI / 151413210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Tongkasi, Ria 2017. Deskripsi Penerapan penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 di SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan penilaian pada kurikulum 2013 di SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo? Adapun tujuan dari penelitian ini mendeskripsi tentang penerapan penilaian pada kurikulum 2013 di SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Sampel penelitian guru kelas I sampai kelas VI dengan jumlah 8 orang yang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pemahaman Guru berada pada kategori sangat baik (85%), 2) Lingkup Penilaian berada pada kategori sangat baik (87%), 3) Bentuk Penilaian berada pada kategori sangat baik (85%), 4) Mekanisme Penilaian mendapat skor rata-rata 88%, 5) Prosedur Penilaian berada pada kategori sangat baik (86%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian pada kurikulum 2013 di SDN No 77 Kota Tengah Kota Gorotalo sudah baik.
Kata Kunci : Penilaian, Kurikulum 2103
Download berkas